Powered By google

Sabtu, 30 Maret 2013

Game


Menjalani rutinitas sehari-hari mungkin terasa membosankan. Maka terciptalah sebuah game virtual. Game virtual ini sejatinya terbagi menjadi 2 bagian yaitu game offline dan game online. Kalau game offline itu tidak membutuhkan koneksi internet dan cenderung kita dapat mentamatkan game tersebut, tetapi kalau game online harus membutuhkan koneksi internet agar bisa memainkan game tersebut, kita juga dapat berinteraksi dengan pemain lain diluar sana entah dia di wilayah mana, negara mana, maupun benua mana dan cenderung game online tidak akan ada tamatnya paling pada saat kita sudah bosan dengan level yang tertinggi mungkin kita akan meninggalkan game tersebut. Game kini dapat dimainkan oleh banyak pemain dalam waktu yang bersamaan meskipun terpisah jarak yang sangat jauh, memainkannya tak lagi konvensional dengan mesin video game arcade, melainkan dengan komputer maupun konsol seperti Wii, PS, Xbox yang terkoneksi dengan internet istilahnya game online.

Ada banyak jenis-jenis genre game diantaranya:

1. RTS (Real Time Strategy)
 genre permainan game seperti ini bersifat strategi, taktik, dan logika. Biasanya berupa perang yang tiap pemainnya memiliki suatu pasukan atau negara. Dalam RTS permainan dapat berupa sejarah, fantasi, dan fiksi ilmiah.
Contoh :  Warcraft, Command & Concuer, Rise of Nations, dan lain-lain



2. FPS (First Person Shooter)
Genre game seperti ini bersifat game tembak-tembakan dengan tampilan pemain adalah tokoh yang dimainkan. Biasanya berupa misi untuk suatu tujuan tertentu. Ciri khas game ini adalah penggunaan senjata jarak jauh.
Contoh : Call of Duty, Point Blank, Counter Strike


3. Vehicle Simulation
Genre game  ini bersifat mensimulasi pengoperasian beberapa kendaraan, kendaraan bisa berupa pesawat terbang, pesawat tempur, kereta, kendaraan perang, maupun kendaraan konstruksi.
Contohnya : Truck Simulator, FlightGear, Tram


4. RPG (Role Playing Game)
Genre game seperti ini  para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Ada pula jenis lain game RPG ini, diantaranya :

  • LARP (Live Action Role Playing) adalah game RPG dimana para pemain bisa melakukan gerakan fisik tokohnya. Biasanya pemain menggunakan kostum dan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan tokoh, dunia dan cerita yang dia mainkan.
  • MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) adalah game RPG yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain game bersama dalam dunia maya.
Contohnya : Ragnarok, Avalon, RF,


5. Adventure Games
Genre game seperti ini  mengutamakan masalah eksplorasi dan pemecahan teka-teki. Namun terkadang meliputi masalah konseptual, dan tantangan fisik namun sangat jarang.
Contoh :  God of War,  Assasins Creed, Tomb Raider


6. Construction and Management Simulation Games
Genre game seperti ini mesimulasikan proyek membangun dan mengelola. Pada dasarnya adalah masalah ekonomi dan konseptual. Game ini jarang yang melibatkan konflik dan eksplorasi, dan hampir tidak pernah meliputi tantangan fisik.
Contoh : Sim City, Roller Coster Tycoon


Referensi :
http://www.omdading.com/2012/02/                                


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More