Powered By google

Selasa, 12 Februari 2013

Hair Modelling



Kata Pengantar
        Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga kami sebagai tim penyusun dapat menyelesaikan penulisan e-book yang berjudul “Hair”Modelling”. Penulisan e-book ini ditujukan kepada Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika, Universitas Gunadarma.
 E-book ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang Hair Modelling serta penerapannya dengan menggunakan software blender. Kami dari tim penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak I Made Wiryana yang telah memberikan bimbingan maupun arahan kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan pembuatan e-book ini. Kami juga berterima kasih juga kepada teman-teman kelas 3IA03 yang telah turut membantu dalam memberikan informasi tentang tata cara penulisan di software Lyx.
 Kami menyadari bahwa penulisan e-book ini masih sederhana. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Namun demikian kami berharap semoga penulisan e-book ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan pembaca pada umumnya.






Depok, Februari 2013




Tim Penulis


1.1 Latar Belakang

Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini sangat berkembang, sehingga manusia dituntut agar dapat mengikuti perkembangannya. Hal ini terlihat dengan banyaknya bermunculan perangkat lunak untuk membuat suatu objek 2D atau 3D.

Perangkat lunak yang sedang berkembang pada saat ini adalah aplikasi Blender. Blender menawarkan sesuatu yang menarik yaitu menambahkan animasi rambut dan bulu. Perbaikan terbaru termasuk animasi refresh system , di perbaharui menjadi system partikel yang juga dapat di gunakan untuk memanipulasi rambut dan bulu. Bagian dari perkembangan yang dipupuk oleh Summer Google kode program , dimana yayasan Blender telah berpartisipasi sejak tahun 2005. Versi rilis stabil saat ini yaitu 2.64a , versi sebelumnya adalah 2.63a yang di rilis pada mei 2012.

Pada saat ini banyak sekali film animasi yang semakin memperlihatkan resolusi yang tinggi yang menciptakan karya yang begitu realistic. Terutama pada bagian rambut suatu animasi. Film-film animasi yang menggunakan perangkat lunak Blender ini yaitu Big Buck Bunny , Sintel , Tears Of Steel dan masih banyak lagi. Film tersebut menunjukan bahwa film animasi sekarang semakin berkembang , sehingga muncul banyak sekali perangkat lunak 3D lainnya.

Pada umumnya terdapat perngkat lunak Blender ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu kami ini ingin membuat suatu “Hair Modeling in Blender”. Ini untuk mempermudah pembaca mempelajari dan meningkatkan pengetahuannya tentang pembuatan rambut pada Blender.


1.2 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari pembuatan e-book Hair Modelling ini adalah :

1. Melengkapi salah satu syarat tugas yang diberikan dalam mata kuliah Desain Pemodelan Grafis.

2. Mempersiapkan penguasaan softskill mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

3. Melatih kemampuan penalaran dan kerjasama tim dalam memecahkan sebuah kasus.

4. Melatih kemampuan meriset suatu permasalahan dalam study kasus.
1.3 Metode Penulisan

Pada penulisan ini, kami selaku tim pembuat menggunakan metode penulisan studi pustaka. Tahap yang dilakukan dalam pembuatan hair modelling adalah:

1. Tahap Perencanaan (Planning) yaitu menentukan pembahasan dalam penulisan serta perencanaan pembuatan hair modelling.

2. Tahap Analisa (Analisys) pada tahap ini kami melakukan pencarian informasi yang dibutuhkan, seperti sumber data yang diperlukan berupa tutorial pembuatan hair modelling melalui streaming video pada www.youtube.com ataupun searching dari website www.blender.org.

3. Tahap Desain (Design) pada tahap ini kami memulai dengan membuat perancangan model rambut yang akan dibuat dari data yang telah didapat sebelumnya.

4. Tahap Implementasi (Implementation), pada tahap ini kami sebagai tim penulis coba membuat beberapa efek sederhana dari permodelan yang telah dibuat. Sampai pada tahap percobaan rendering untuk melihat hasil akhir yang kami dapat.

1.4 Batasan Masalah

Dalam penyusunan e-book Hair Modelling ini kami membatasi ruang lingkup yang akan kami bahas. Kami hanya akan membahas bagaimana proses pembuatan hair modeling yaitu membuat bagaimana model rambut yang dibuat dengan sehelai-helai rambut yang kemudian akan dikenakan efffect bagaimana gerakan rambut itu tertiup oleh angin. Hasil yang nantinya dicapai akan membuat sedikit animasi/gambaran bagaimana hair modelling itu sehingga terlihat nyata dengan hembusan angin sebagai effectnya.

1.5 Permasalahan Pokok

Permasalahan pokok yang kami dapatkan adalah sedikitnya tutorial yang membahas tentang effect hair modelling dan proses pembuatan hair model itu sendiri dan kami juga sedikit kesulitan dengan software Lyx sebagai dokumentasi e-book ini karena kami terbiasa dengan Microsoft Office dan Open Office, tapi kami belajar dari kekurangan kami dan hanya bermodalkan niat, tekad, dan kerjasama tim akhirnya e-book ini dapat selesai tepat pada waktunya.

1.6 Sistematika Penulisan

Dalam penulisan e-book Hair Modeling ini dibagi menjadi 5 bab yaitu:

• BAB I : Pendahuluan. Bab ini berisi pendahuluan yang menerangkan tentang latar belakang, tujuan penulisan, metode penulisan, batasan masalah, permasalahan pokok, dan sistematika penulisan.

• BAB II: Konsep Hair Modelling. Bab ini berisi tentang Penjelasan tentang konsep tersebut. Dapat menggunakan penjelasan matematika, algoritma, contoh ataupun juga sejarah dikembangkannya konsep ini termasuk orang yang mengembangkannya.

• BAB III: Perangkat lunak, perangkat bantu yang menerapkan konsep Hair Modelling tersebut. Didalam bab ini, kami menjelaskan software apa yang dipakai dalam Hair Modelling, sejarah software tersebut, versi software tersebut, fitur, serta perbandingan dengan software lainnya.

• BAB IV: Kasus/contoh pemanfaatan perangkat lunak tersebut untuk konsep Hair Modelling Didalam bab ini, membahas tentang Kasus/contoh pemanfaatan perangkat lunak tersebut untuk konsep Hair Modelling .

• BAB V: Penutup. Bab ini berisi saran dan isi kesimpulan dari pembuatan Hair Modelling serta daftar pustaka yang menjadi referensi kami dalam menyusun e-book Hair Modelling ini.
Lihat disini untuk lebih jelas 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More